Sabtu, 16 Januari 2010

Tanggung Jawab Terhadap Anak

Diantara tugas sunnatulloh sebagai kholifah adalah meneruskan generasi berikutnya, tentunya amanah mulia ini menjadi cita cita bagi setiap insan yang bertaqwa. Diantara Kewajiban orang tua dalam membangun generasi mulia adalah sebagai berikut :

Pertama  : Sejak dini seseorang telah menjaga dirinyai agar menjadi Insan Mulia sesuai dengan yang di ajarkankan oleh Yang maha Pencipta, berkomitmen dalam mengimani, mengamalkan serta meandakwahkan Islam secara utuh.
Kedua   :  Memilih pasangan untuk calon Ibu bagi seorang pria dan Calon Bapak bagi wanita, adalah suatu kebolehan memilih dari Ketururan, Kekayaan, kecantikan dan Dinnya, Tentunya memilh din adalah lebih utama bila berharap kesempurnaan yang lain belum terpenuhi.
Ketiga   :  Melaksanakan Rumah tangga sejak khitbah hingga aqad serta walimah sesuai syariah
Keempat : Memulai tata keluarga sesuai dengan anjuran dan tuntunan Rasululloh
Kelima     : Mendidik dengan keteladanan pada keseharian bagi calon anak sejak dalam kandungan
Keenam   :  Melahirkan dan menyambutnya dengan adzan dan iqamah di lanjutkan dengan pemberian nama, menyemblihkan kambing saat aqiqah, serta menimbah rambut yang telah di cukur dengan menggantinya dengan sedekah.
Ketujuh  :  Mendidik dalam segala aspeknya  karena ia adalah suci " Sesungguhnya semua anak Adam yang di lahirkan dalam keadaan suci, seingga tergantung pada orang tuanya yang akan menjadikan Yahudi atau Nasrani."
Kedelapan : Menikahkan pada saat sudah memasuki dewasa

Semoga pada sesi berikutnya bisa kita bahas satu persatu dengan berbagai dalil dan refrensinya

Wallohu a'alam bishowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dengan senang hati apabila yang berkenan share, pertanyaan atau pendapat yang berbeda